Selasa, 12 November 2013

NEW MEDIA : Perkenalan Skype dan Blackberry Messanger



Skype
¡  Skype adalah sebuah aplikasi komunikasi dengan teknologi P2P (Peer to Peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia
Kelebihan Skype
Kelebihan :
  1. Komunikasi global dan lokal yang lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video. Sebagai ilustrasi pada tahun 2007 perbandingan menelpon ke Amerika dari Indonesia adalah Rp.6,640,-/ menit  sedangkan dengan menggunakan skype, aktivitas ini didapatkan gratis (untuk sesama pengguna skype) dan berbayar bila skype digunakan untuk menelpon ke pesawat telpon genggam: Rp. 1,593/ menit atau pesawat telpon rumah: Rp. 423/ menit . Komunikasi menjadi lebih murah dan terjangkau. Konferensi bisa dilangsungkan antar pengguna (dua orang) sampai dengan lima pengguna sekaligus.
  2. Penggunaannya yang mudah. Untuk pengguna yang telah biasa menggunakan pengirim-penerima pesan instan internet, perangkat lunak skype akan dirasakan mudah. Pengguna hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu, headset (yang memiliki mike dan speaker), serta sambungan internet.
  3. Kualitas suara yang lebih baik dibandingakan VoIP pendahulunya. Kegunaan dasar pembicaraan telepon melalui komputer di mana pun pengguna berada (dengan koneksi internet) secara gratis. 
Kekurangan Skype
Kekurangan :
  1. Penipuan. Layaknya seluruh hubungan yang dilakukan melalui internet, skype juga memiliki masalah yang sama dengan registrasi identitas penggunanya. Registrasi dapat dilakukan tanpa menyerahkan identitas diri yang sah sehingga sebagai pengguna kita dapat memilih untuk tidak menggunakan nama asli dan di pihak yang sama kita berisiko untuk berkenalan dengan orang tanpa tahu identitasnya. Hal ini rentan terhadap penipuan dan kejahatan-kejahatan lainnya.
  2. Kapasitas yang besar. Skype memakan 23MB kapasitas harddisk ketika dipasang, dibandingkan dengan pengirim pesan instan lainnya seperti Yahoo Messenger yang memakan kapasitas lebih kecil sekitar 10-15 MB.
  3. Terhalang oleh waktu dan kesediaan orang yang memanggil dan yang dipanggil. Penggunaan skype dengan metode suara harus dilakukan dengan rencana sebelumnya seperti membuat janji dengan orang yang dituju, karena apabila orang yang dituju tidak siap (terhalang oleh perbedaan waktu atau kesulitan sambungan Internet) maka niat untuk melakukan komunikasi langsung melalui suara bisa jadi sia-sia.
  4. Tidak ada panggilan darurat dengan Skype. Skype tidak dapat digunakan untuk panggilan darurat.

Blackberry Messenger
¡  BlackBerry Messenger adalah program pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam. Contohnya fitur di aplikasi Google Maps atau Yahoo Messenger hingga aktivas Facebook dan Twitter.
Kelebihan BBM
Kelebihan :
  1. Melakukan percakapan real-time dengan teman dan rekan di beberapa lokasi yang berbeda – atau melakukan pembicaraan secara bersamaan.
  2. Chat dengan kelompok.
  3. Mengirim dan menerima jumlah yang tidak terbatas pesan di seluruh dunia secara gratis tanpa biaya per pesan.
  4. Dapatkan pesan tanpa mengisi kotak masuk Anda.
  5. Mengetahui apakah seorang teman sedang online, tersedia atau sibuk.
  6. Mari kontak Anda tahu ketersediaan Anda sendiri untuk instant messaging.
  7. Mengelola log-in dan kontak yang Anda lakukan jika Anda menggunakan program IM dari PC Anda.
  8. Terus menggunakan program lain dan mengirim dan menerima e-mail ketika sedang BlackBerry Messenger sedang berjalan.
  9. Mintalah seseorang untuk bergabung daftar teman Anda dan mulai berkomunikasi tanpa pengaturan account IM terpisah.
  10. Diberitahu melalui nada dering spesifik atau getaran seting setiap kali sebuah pesan tiba dari orang tertentu.

Kekurangan BBM
Kekurangan :
  1. Tidak ada report apakah pesan sudah terkirim atau belum, kalaupun ada kita tidak bisa memastikan apakah pesan itu sudah sampai atau belum.
  2. Tidak ada status apakah BlackBerry Messenger (BBM) orang lain sedang OFF atau ON. Karena kalau masa waktu layanan BlackBerry dari provider sudah habis maka otomatis kita tidak bisa menggunakan layanan BlackBerry Messenger dari ponsel BlackBerry kita, jadi bisa dikatakan itu dalam kondisi OFF, tapi pada BlackBerry orang lain kita akan terlihat tetap bisa menerima pesan, padahal pesan itu tidak akan bisa kita terima.
  3. Pesan yang terkirim bisa terbalik dengan yang diterima. Artinya ketika chatting dengan seseorang di BlackBerry Messenger, urutan pesan yang muncul ponsel kita dan orang lain bisa berbeda. Hal ini tentu saja membuat pembicaraan menjadi tidak nyambung, bahkan menimbulkan masalah kalau sedang membicarakan sesuatu yang penting.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar